Wednesday, 20 June 2018

Seminar Akademik Prodi Pendidikan Agama Hindu oleh Prof. Dr. I Ketut Subagiasta, M.Si., D.Phil

Written by  Published in Archive Monday, 01 August 2016 07:14
Rate this item
(0 votes)

M A T A R A M  -   Prof. Dr. I Ketut Subagiasta, M.Si., D.Phil merupakan Rektor Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang- Palangkaraya yang di undang oleh Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Gde Pudja Mataram sebagai Narasumber dalam Seminar Akademik Program Studi Pendidikan Agama Hindu dengan Tema “Peluang dan Tantangan dalam Pengembangan Perguruan Tinggi Hindu” Kamis, 07 Juni 2018 di Gedung Rektorat Lantai II Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Gde Pudja Mataram Jalan Pancaka No. 7 B Mataram.

Inti Pokok Materi yang di sampaikan oleh Bapak Prof. I Ketut Subagiastra adalah upaya untuk melakukan transformasi perguruan tinggi keagamaan Hindu negeri merupakan upaya untuk meningkatkan mutu pelayanan perguruan tinggi kepada masyarakat akademis untuk mewujudkan kualitas sumber daya manusia Hindu Indonesia. Pihak pengelola perguruan tinggi Hindu memiliki peran besar untuk mengupayakan adanya transformasi pergruan tinggi Hindu menjadi perguruan tinggi yang lebih baik secara mutu dan secara inovasi institusi yang berkualifikasi. Transformasi penting demi outcome bermutu. Transformasi perguruan tinggi Hindu negeri di Indonesia memiliki makna positif oleh karena memiliki peluang mulia untuk mewujudkan kader Hindu yang berkompeten dan kader yang siap bersaing dalam hal peluang kerja yang lebih baik. Peluang tersebut hendaknya dimanfaatkan sebaik mungkin untuk mencapainya secara urgent. Segala bentuk kendala dan hambatan yang merupakan tantangan hendaknya diantisipasi secara faktual sesuai regulasi berlaku dengan memenuhi segala persyaratan yang ditentukan sehingga terwujud institut.

                Bertekad bulat dan penuh komitmen tinggi untuk tujuan transformasi perguruan tinggi pasti bisa terwujud, asalkan leader responsive, team work solid, relasi yang familiar, peluang-peluang dimanfaatkan dengan cepat sigap, semua tantangan diwujudkan dengan cermat, lakukan koordinasi dengan apik, lakukan komunikasi yang kontinyu, jangan merasa lelah, upayakan kerja keras, penuhi semua kelengkapan data yang diperlukan, siapkan budget untuk operasional transformasi, serta saling dukung secara inernal aupun dalam kondisi eksternal. Upaya transformasi perguruan tinggi bukan hal yang rumit, tetapi menjadi sulit bila tiada strategi dan upaya nyata untuk mewujudkannya. Jangan merasa terlambat, ayo maju terus.

Read 1079 times Last modified on Thursday, 07 June 2018 13:26