Tuesday, 21 August 2018

Dies Natalis Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Gde Pudja Mataram

Written by  Published in Archive Friday, 13 July 2018 00:53
Rate this item
(0 votes)

DIES NATALIS KE XVII

 

STAHN GDE PUDJA TERUS KUKUHKAN DIRI MEJADI KAMPUS BERKARAKTER

 

MATARAM (Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Gde Pudja Mataram) – Puncak peringatan ulang tahun atau Dies Natalis ke XVII Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri (STAHN) Gde Pudja Mataram berlangsung meriah di halaman kampus STAHN, Rabu (11/7) malam. STAHN Gde Pudja terus mengukuhkan diri menjadi kampus berkarakter. Sesuai dengan tema Dies Natalis yaitu memperluas persaudaraan, mengukuhkan jati diri dengan motto Building Excellent Character.

Malam puncak itu diwarnai dengan tiup lilin ulang tahun dan pemotongan tumpeng oleh Ketua STAHN Gde Pudja, Dr. I Nyoman Wijana, S.Sos., M.Si., M.Pd, didampingi oleh seluruh Wakil Ketua. Juga dilakukan penyerahan hadiah kepada pemenang berbagai lomba yang diselenggarakan oleh STAHN Gde Pudja Mataram. Pada puncak acara juga dimeriahkan oleh penampilan Kis Band dari Bali.

Ketua STAHN Gde Pudja, Dr. I Nyoman Wijana, S.Sos., M.Si., M.Pd., dalam sambutannya mengatakan, sejak tahun 2001 sudah tumbuh dengan berbagai dinamika. Pada saat itu STAHN Gde Pudja Mataram baru memiliki empat Program Studi. Sedangkan saat ini, STAHN Gde Pudja Mataram dengan berbagai dinamika telah memiliki Sembilan Prodi. Di usia ke 17 tahun ini, menurutnya, satu hal yang membanggakan karena STAHN telah berhasil meluluskan 1.042 sarjana dan pascasarjana.

“Hal ini menunjukkan bahwa sekecil apapun yg kita huat, memberikan kontribusi bagi Perkembangan negara,” katanya.

Menurut Ketua STAHN Gde Pudja Mataram Dr. I Nyoman Wijana, S.Sos., M.Si., M.Pd, untuk kekinian kampus dihadapi perubahan yang sangat dahsyat. Adanya gelombang perubahan yang disebut revolusi 4.0 juga mengarah ke digitalisasi. Oleh karena itu, ia mengajak STAHN harus merombak paradigma. Harus seimbang antara kajian teroritis dan praktik. “Tidak hanya memberikan teori, tapi juga contoh praktik agama yang dilandasi oleh pengetahuan agama,” katanya.

Saat ini pihaknya tengah melakukan integrasi pengetahuan antara ilmu yang dibutuhkan di lapangan kerja dengan ilmu agama Hindu. Seperti di Prodi Ilmu hukum dan Prodi Ilmu Ekonomi. Pengetahuan yang diberikan setara dengan perguruan tinggi lain, juga ditambah dengan ilmu agama.

Motto yang diusung oleh STAHN Gde Pudja yaitu Building Excellent Character. Menurut Ketua STAHN Gde Pudja Mataram Dr. I Nyoman Wijana, S.Sos., M.Si., M.Pd, hal yang sangat mendasar, alumni STAHN akan dibekali dengan ilmu sekuler dengan bidang pengetahuan, juga dikembangkan karakter mulia yang didukung oleh ilmu agama.

“Kepada civitas STAHN, kita perluas persaudaraan di seluruh komunitas, karena kita bersaudara. Kita kukuhkan sebagai kampus berkarakter,” ajaknya.

Selain itu, perkembangan ekonomi, teknologi, dan social budaya di Lombok dengan kehadiran Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dan Global Hub menjadi tantangan dan peluang lulusan STAHN merebut pasar kerja. Serta bersaing dengan perguruan tinggi lain.

Ketua Panitia Dies Natalis XVII STAHN yang juga Wakil Ketua III STAHN Gde Pudja,  Dr. Susilo Edi Purwanto, S.Ag.,M.Si., dalam laporannya mengatakan, acara dies natalis mengambil tema memperluas persaudaraan, mengukuhkan jati diri dengan motto Building Excellent Character. Ada berbagai lomba yang dilaksanakan untuk mendukung tema itu. Antara lain lomba cerdas cermat, lomba tari, lomba kidung, lomba dharma wacana, lomb tri sandya, dan berbagai lomba lainnya.

Langkah itu dilakukan untuk mengapresiasi masyarakat Hindu di NTB. terutama memberikan kesempatan bagi anak-anak. “Mereka harus diberikan kesempatan ini menjadi rangkaian penting. Selain itu, ada juga seminar dan studium general,” ujarnya.

Pada Rabu (11/7) pagi juga dilaksanakan kegiatan jalan santai yang dilanjutkan dengan pembagian hadiah atau door prize. Kegiatan puncak peringatan Dies Natalis dihadiri oleh beragam tamu undangan dan masyarakat umum.  Dr. Edi Susilo Purwanto juga menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh pihak yang mendukung kegiatan Dies Natalis XVII STAHN Gde Pudja Mataram. 

Read 82 times Last modified on Friday, 13 July 2018 01:12