Monday, 17 December 2018

Sambutan Ketua STAHN Gde Pudja Mataram PPL Tahun 2018

Written by  Published in Archive Thursday, 11 October 2018 03:18
Rate this item
(0 votes)

 

M A T A R A M – Bertempat di kampus Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Gde Pudja Mataram tanggal 11 Oktober 2018 Pembekalan PPL Periode XVII Tahun Akademik 2018/2019 dengan Tema “ Kita Tingkatkan Profesionalisme Calon Guru Agama Hindu STAHN Gde Pudja Mataram” berjumlah 27 orang yang terdiri dari Mahasiswa Jurusan Dharma Acarya Prodi Pendidikan Agama Hindu.  PPL merupakan suatu program yang merupakan ajang penelitian terpadu untuk menerapkan berbagai ilmu pengetahuan, sikap dan keterampilan dalam rangka pembentukan guru yang profesional. PPL merupakan program yang memprasayaratkan kemampuan aplikasi dan terpadu dari sebuah pengalaman belajar sebelumnya ke dalam program pelatihan berupa kinerja dalam sebuah hal yang berkaitan dengan jabatan keguruan baik kegiatan mengajar maupun tugas-tugas kegiatan lainnya. PPL ini merupakan kegiatan yang dilakasanakan dalam bentuk pelatihan mandiri yang diarahkan kepada terbentuknya kemampuan keguruan yang terjadwal secara sistematis dibawah bimbingan dosen pembimbing dan guru pamong yang memenuhi syarat. Ketua Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Gde Pudja Mataram Dr. I Nyoman Wijana, S.Sos., M.Si., M.Pd memberikan sambutan serta memberikan saran kepada Mahasiswa yang mengikuti PPL pada tahun ini, dalam sambutannya beliau menyebutkan agar mahasiswa bisa cepat beradaptasi pada lingkungan dimana mahasiswa akan menyelenggarakan PPL sesuai dengan lokasi yang telah ditentukan. Pola pikir manusia terdiri dari Fixed Mindset dan Growth Mindset dimana pola pikir tersebut berpengaruh terhadap kehidupan.

Dalam penelitiannya, Carol Dweck, penulis buku psikologi terkemuka Mindset: The New Psychology of Success, Manusia memiliki kepercayaan dasar tentang bagaimana kita melihat dan mempercayai karakter pribadi kita. Sebuah pola pikir tetap (selanjutnya akan disebut: Fixed Mindset) mempercayai bahwa karakter, kecerdasan, kemampuan dan kreativitas adalah sebuah bawaan / bakat yang tetap yang tidak bisa diganti. Disisi lain, pola pikir bertumbuh (selanjutnya akan disebut: Growth Mindset) mempercayai kegagalan bukanlah sebuah bukti bahwa seseorang tidak cerdas, namun merupakan sebuah tantangan untuk berkembang dan meningkatkan kemampuannya. Dua pola pikir ini berpengaruh sangat besar terhadap kesuksesan maupun kegagalan seseorang dibidang kerja, hobby, personal dan sangat mempengaruhi tingkat kebahagiaan seseorang.

Maka dari Pola pikir diatas diharapkan kepada seluruh mahasiswa yang mengikuti PPL pada tahun harus bisa melakukan penyesuaian diri agar output dari kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar dan baik serta setelah kegiatan PPL akan ditunggu lagi dengan kegiatan KKN dan diteruskan yang terakhir dengan menulis karya ilmiah (skripsi) sebagai syarat untuk kelulusan menjadi sarjana dengan memliki kemampuan sesuai dengan bidang keilmuan yang dipilih.

 

Read 135 times Last modified on Thursday, 11 October 2018 03:25

Hubungi Kami

Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Gde Pudja Mataram

Jln.Pancaka No. 7B Mataram, Nusa Tenggara Barat, Indonesia

Telp. (0370) 628382  Fax. (0370) 631725

email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

www.stahn-gdepudja.ac.id