Monday, 17 December 2018

Seminar Nasional

Written by  Published in Archive Wednesday, 21 November 2018 03:32
Rate this item
(0 votes)

M A T A R A M -  Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Gde Pudja Mataram Jumat 16 Nopember 2018 bertempat di Lombok Astoria Lombok Nusa Tenggara Barat. Seminar Nasional Tahun 2018 ini mengundang 3 Narasumber yaitu Bapak Dirjen Bimas Hindu Kementerian Agama Republik Indonesia Prof. Drs. I Ketut Widnya, M.A., M.Phil., Ph.D, Bapak Parisada Pusat Mayjen (Purn) Wisnu Tenaya, dan Bapak Pdt. Prof. Drs. John Adrian Titaley, Th.D dengan jumlah peserta sekitar 200 Orang.

Ketua Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Gde Pudja Mataram Dr. I Nyoman Wijana, Sos., M.Si., M.Pd memberikan pengarahan serta sekaligus membuka Seminar Nasional secara resmi dengan Tema “Harmoni Sosial di Tengah Pluralitas Berbangsa dan Bernegara”. Beliau juga menekankan bahwa dengan tema Seminar Nasional diatas akan dikaji oleh 3 Narasumber Khususnya pada Harmoni Sosial dan Harmoni/Perspektif Agama. Pada Perspektif Agama bahwa kategori kehidupan keagamaan dibagi menjadi 3 yaitu Eksclusive Paradise, Inclusive Paradise, dan Pluralisme Paradise.

Kategori ketiga diatas dimulai dari Eksclusive Paradise yang mempunyai paradigma bahwa Agama yang dianut merupakan Agama yang benar biasanya persepsi-persepsi yang ada didalamnya bersifat Inividual. Inclusive Paradise menyatakan bahwa semua agama mengajarkan ajaran tentang kebenaran, saling tolong menolong dan menentang kejahatan, serta Pluralisme Paradise menyatakan bahwa setiap agama memiliki ajaran masing-masing, Implementasi ajaran agama dalam konteks keagamaan dan bersifat kemanusiaan.

Read 26 times

Hubungi Kami

Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri Gde Pudja Mataram

Jln.Pancaka No. 7B Mataram, Nusa Tenggara Barat, Indonesia

Telp. (0370) 628382  Fax. (0370) 631725

email : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

www.stahn-gdepudja.ac.id